Tentang Lemak & Kolesterol


Ketika Lemak Berkumpul di Perut Anda

Ketika usia dan metabolisme melambat, jumlah lemak dalam tubuh Anda perlahan-lahan meningkat. Wanita mengalami peningkatan persentase lebih besar lemak daripada pria.

Kemudian setelah menopause, distribusi lemak tubuh Anda cenderung bergeser, lemak di kaki, tangan dan pinggul akan berkurang, sementara lemak di perut Anda akan bertambah.

Anda mungkin berpikir lemak perut adalah terbatas pada hal-hal di depan yang dapat Anda pegang dengan tangan Anda, tetapi lemak yang terlihat itu bukanlah lemak yang benar benar menjadi perhatian. Visceral fat terletak lebih di dalam perut, sekitar organ perut. Meningkatnya jenis lemak visceral telah dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes dan masalah kesehatan lainnya. lemak subkutan, terletak antara kulit dan dinding perut, lebih terlihat, tetapi kemungkinan kurang berisiko .

Beberapa wanita bahkan mengalami pinggang melebar tanpa mendapatkan berat badan. Meskipun Anda mungkin tidak mendapatkan lemak ekstra, lemak perut Anda dapat meningkat dengan menurunkan tungkai dan pinggul lemak. Bahkan pada wanita dengan berat normal, terlalu banyak lemak terkonsentrasi di bagian tengah dan ini tidak sehat.

Lemak merupakan zat yang digunakan sebagai energi utama pada proses metabolisme tubuh. Zat tersebut diperoleh dari makanan atau hasil produksi dari organ hati dan disimpan di dalam sel-sel lemak yang digunakan untuk cadangan energi.

Beberapa contoh kegunaan dari lemak adalah dapat pelindung tubuh dari serangan penyakit, sumber energi, pembentuk sel dalam tubuh, sumber asam lemak esensial, menghemat protein yang digunakan, alat angkut vitamin pelarut lemak, memberikan rasa kenyang dan kelezatan, memelihara suhu tubuh, dan sebagai pelumas.

Memakan banyak makanan yang mengandung banyak lemak memang sering dihindari oleh kebanyakan orang, karena lemak dapat membuat tubuh gemuk dan berpenyakit. Padahal jika kita memakan lemak dengan teratur dapat berdampak baik bagi tubuh kita, sehingga lemak dapat dikomsumsi dengan baik.

Lemak memiliki banyak jenis seperti lemak yang berasal pada hewan dan tumbuhan atau disebut nabati. Kebanyakan orang tidak suka memakan makanan yang mengandung lemak karena pada faktor kesehatan. Padahal semua lemak tidaklah jahat.

Agar dapat menghindari kebanyakan memakan lemak maka diharuskan untuk mengenali jenis lemak yang baik yaitu khusus lemak yang berasal dari hewan. Jika kita kebanyakan memakan makanan yang berlemak akan menyebabkan meningkatnya kolesterol, darah tinggi, diabetes, dan juga masalah berat badan.

Jenis Jenis Lemak

Jenis lemak yang sangat merugikan tubuh diantaranya adalah:

  1. Lemak jenuh. Lemak Jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan membuat stroke dan diabetes tipe 2. Lemak ini tidak akan ada di hewan.
  2. Trans Fat. Lemak ini juga dapat meningkatkan kadar lemak dalam darah, lemak fat sering kali ditemukan di dalam makanan hasil olahan yaitu seperti nugget, sosis, dan kornet.

Kebanyakan lemak jenuh dan transfat akan membentuk padat pada suhu ruangan jika dengan jumlah tinggi. Biasanya lemak ini terdapat pada shortening, daging sapi dan daging babi, serta margarin.

Jenis lemak yang baik untuk tubuh, diantaranya adalah:

  1. Lemak tak jenuh tunggal. Contohnya pada minyak olive, dan minyak canola.
  2. Lemak tak jenuh ganda. Contohnya pada ikan salmon dan minyak zaitun.

 

Kolesterol, seberapa dalam pengetahuan anda tentang kolesterol? Ternyata salah satu jenis lemak yang yang ada dalam tubuh kita tersebut memiliki hal-hal unik yang mungkin anda tidak tahu!

Fakta tentang kolesterol

Berikut ini kami tuliskan hal hal unik tentang kolesterol:

  1. Tahukah anda bahwa tubuh kita membuat beberapa kolesterol sendiri, selain dari apa yang kita makan
  2. Kolesterol hanya berasal dari makanan yang bersumber dari produk hewani. Makanan dari tumbuhan (nabati) tidak mengandung kolesterol, kecuali beberapa asam lemak tak jenuh.
  3. Pernakah terbesit dalam pikiran anda bagaimana perjalanan kolesterol dalam darah? Kolesterol tidak dapat melakukan perjalanan dalam darah sendiri. Ini dibawa oleh protein khusus. Kombinasi pembawa kolesterol dan protein disebut “lipoprotein.”
  4. Kolesterol tidak selamanya buruk bagi tubuh, justru ada kolesterol yang baik untuk tubuh! Ya, beberapa orang bertanggapan bahwa kolesterol harus dihindari dan sebagainya,kenyataannya ada kolesterol yang berguna bagi tubuh. Jenis kolesterol tersebut kita kenal sebagai :
    • Low density lipoproteins (LDL, atau kolesterol “buruk”)
    • High density lipoprotein (HDL, atau kolesterol “baik”)
    • trigliserida

Berikut penjelasan sederhananya : LDL (kolesterol buruk) karena beberapa karakteristik yang dimilikinya dari hati kemudian mengirimkannya ke sel padahal mereka tidak dibutuhkan untuk kesana. Sedangkan HDL membuang kelebihan kolesterol dari darah dan membawanya ke hati. kadar kolesterol total seseorang adalah kombinasi dari LDL dan kolesterol HDL (HDL + LDL).

  1. Tubuh kita memproduksi lebih dari cukup kolesterol sendiri untuk tetap sehat. Tapi pada kenyataannya, kebanyakan orang makan terlalu banyak kolesterol dan lemak, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.
  2. Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung. Kolesterol bersama hipertensi adalah 2 faktor resiko penyebab primer.
  3. Bagaimana LDL bisa menyebabkan penyakit stroke? Kelebihan kolesterol LDL dalam darah akan disimpan dalam arteri, pembuluh darah yang memberi “makan” jantung dan otak. Deposito tersebut dapat bergabung dengan zat lain untuk membentuk plak. Bayangkan plak adalah sesuatu yang tebal dan keras di pembuluh darah. plak di arteri dalam ilmu kedokteran disebut aterosklerosis. Atelosklerosis dapat mempersempit lorong di dalam arteri (bayangkan saja selang yang tersumbat) hal ini akan membendung aliran darah, plak tersebut lama kelamaan pecah dan jika plak tersebut pergi ke otak akan menyebabkan stroke.
  4. Wanita memproduksi kolesterol baik lebih tinggi daripada pria.

Anda sudah tahu tentang fakta faktnya , Jika anda ingin tahu tentang penyebab kolesterol dan gejala gejala kolesterol tinggi anda cermati uraian berikut ;

Penyebab kolesterol tinggi atau kadar kolesterol yang tidak seimbang sangat banyak faktornya. Beberapa faktor tersebut dapat dikendalikan, ada juga yang tidak. Faktor genetic contohnya, kita tidak akan bisa mengendalikan atau mengubah hal tersebut. Faktor genetik menentukan tingkat kolesterol.

Penyebab kolesterol tinggi

Berikut beberapa faktor penyebab kolesterol tinggi :

 

  • Beberapa orang mewarisi suatu kondisi yang disebut hiperkolesterolemia familial, yang berarti bahwa kadar kolesterol sangat tinggi turun temurun dalam keluarga.
  • Beberapa orang besar kemungkinannya untuk bereaksi terhadap faktor gaya hidup (seperti kurang olahraga atau diet tinggi lemak) yang meningkatkan tingkat kolesterol. Makan terlalu banyak lemak jenuh (jenis yang ditemukan dalam daging tinggi lemak dan produk susu) dan kolesterol dapat menyebabkan tubuh membuat lebih banyak kolesterol, sehingga meningkatkan kadar kolesterol darah. Faktor penyebab kolesterol tinggi berupa gaya hidup yang tak kalah pentingnya seperti yang sudah disebutkan tadi adalah olahraga. Seberapa aktifkah Anda? Olahraga teratur tidak hanya mengurangi kolesterol darah total, tapi menurunkan jenis kolesterol buruk (LDL) sekaligus meningkatkan jenis kolesterol baik (HDL).
  • Terutama orang-orang yang keturunan diabetes dalam keluarga, mewarisi trigliserida tinggi. Trigliserida adalah jenis lain dari lemak darah yang juga bisa mendongkrak kadar kolesterol.
  • Kelebihan berat badan memberikan kontribusi terhadap meningkatnya kadar kolesterol. Untungnya, perubahan untuk menurunkan kadar kolesterol juga membantu mengontrol berat badan,
  • Dalam hal ini, wanita memiliki nilai lebih dibandingkan pria, apa itu? Wanita mendapatkan dorongan alami kolesterol HDL (jenis kolesterol baik) dari hormon mereka sampai mereka mencapai menopause. Setelah menopause, estrogen dapat membantu mempertahankan tingkat HDL kolesterol tinggi.  Ketika kita mendapatkan kolesterol lebih dari yang kita butuhkan (baik karena tubuh kita membuat terlalu banyak atau karena kita makan makanan yang kaya kolesterol terlalu banyak) kolesterol surplus bersirkulasi dalam aliran darah. Beberapa jenis kolesterol ini beredar cenderung menjadi “deposito: di lapisan dalam pembuluh darah.  Kolesterol ini menjadi kaya dilapisi dengan jaringan parut, membentuk benjolan di pembuluh darah yang dikenal sebagai plak. Penumpukan Plak dapat mempersempit dan mengeras pembuluh darah ata dikenal dalam istilah kedokteran aterosklerosis.  Akhirnya plak ini secara signifikan dapat mengurangi atau menghalangi aliran darah, menyebabkan serangan jantung atau stroke. Banyak orang mengalami nyeri dada atau ketidaknyamanan dari aliran darah ke jantung yang tidak memadai, terutama selama latihan ketika jantung membutuhkan lebih banyak oksigen. Plak kecil bisa juga meledak, menyebabkan darah mengalir atas mereka untuk membeku dan menyumbat pembuluh darah (penyebab penyakit stroke). Intinya Faktor penyebab kolesterol tinggi dalam hal ini kolesterol jahat (LDL) patut kita waspadai sebagai faktor pemicu penyakit jantung dan stroke.

 

Gejala kolesterol tinggi

Gejala kolesterol tinggi sering mengejutkan jawabannya jika dibuat pertanyaan tentangnya, , kenapa? Karena paling sering kelebihan kolesterol tidak menunjukkan gejala. Tapi jika kita mengabaikan kolesterol tinggi, pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit jantung yang serius.

Penyakit jantung kini telah melampaui kanker sebagai penyebab nomor satu kematian di Amerika Serikat. Kolesterol tinggi merupakan salah satu komponen faktor risiko penyakit jantung yang penting. Sayangnya, tidak ada gejala yang berhubungan dengan kolesterol tinggi. Jadi, meskipun merasa sehat, Anda masih bisa memiliki kadar kolesterol berbahaya yang tinggi dan bahkan kita tidak tahu hal tersebut terjadi.

Jadi, Bagaimana Saya Bisa Katakan Jika saya Telah Kolesterol Tinggi?

Tes kolesterol dianjurkan untuk mengetahui gejala kolesterol tinggi lebih dini

Satu-satunya cara untuk mengetahui jika Anda memiliki kolesterol tinggi adalah melalui tes kolesterol. Tes kolesterol adalah tes darah yang akan melihat atau lemak  dalam darah, seperti:

  • LDL (low density lipoprotein)
  • HDL (High density lipoprotein)
  • Trigliserida
  • Total kolesterol

Medical checkup rutin – kolesterol tinggi terpantau rutin

Jika kadar kolesterol Anda tidak berada dalam rentang normal, tim medis mungkin merekomendasikan diet rendah lemak, olahraga, pengobatan, atau kombinasi dari semuanya. Pedoman saat ini merekomendasikan bahwa setiap orang di atas usia 20 tahun harus mendapatkan kolesterol mereka diperiksa setidaknya sekali setiap lima tahun. Namun, jika Anda memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi, atau anda telah didiagnosa dengan kondisi kronis, seperti penyakit diabetes atau jantung, Anda dapat mempertimbangkan memeriksa kolesterol Anda lebih sering. Dalam beberapa kasus, gejala kolesterol tinggi ditemukan secara tidak sengaja pada pemeriksaan rutin, dan banyak orang terkejut untuk dapat didiagnosis dengan kolesterol tinggi ketika mereka sebaliknya merasa sehat.

Sedikit hal yang menarik, di Amerika sebuah fenomena unik terjadi ketika seseorang ingin melamar kerja, mereka akan diminta untuk memeriksakan kesehatan, rata-rata mereka yang menderita kolesterol tinggi hipertensi akan kaget dengan hasil pemeriksaan mereka! Sekarang bagaimana di Indonesia? Ketika pendaftaran Pegawai Negeri Sipil misalnya, kenyataannya kebanyakan lampiran riwayat kesehatan hanyalah sebagai formalitas belaka untuk lulus berkas! Fenomena ini seharusnya membuka mata kita tentang pentingnya medical check-up.

Jadi, selagi masih bisa memeriksakan kadar kolesterol, tidak ada salahnya sesekali anda melakukannya untuk mengetahui gejala kolesterol tinggi yang mungkin ada secara lebih dini. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

 

http://turunberatbadan.com/765/gejala-kolesterol-tinggi-hypercholesterolemia/

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s