Manfaat Kunyit Tak Hanya Sebagai Bumbu Dapur!



Manfaat Kunyit (Curcuma domestic) di Indonesia kebanyakan digunakan sebagai bahan penyedap/bumbu masakan. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya khasiat kunyit sangat baik untuk digunakan sebagai obat alami?

Banyak orang yang telah membuktikan manfaat kunyit untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman dengan habitat asli Asia Tenggara ini memiliki manfaat untuk obat alami berbagai macam penyakit maupun untuk menjaga kesehatan hingga sebagai bahan kosmetik perawat kecantikan.

Manfaat kunyit untuk kesehatan

Manfaat kunyit sangat baik bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, diketahui dalam kunyit terdapat berbagai kandungan zat yang sangat baik bagi tubuh. Diantaranya adalah senyawa kurkuminoid (desmetoksikumin, kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin), minyak asiri, lemak, karbohidrat, vitamin, protein, fosfor, kalium, zat pati, mineral, dll.

Beberapa nenek moyang kita telah mengetahui manfaat kunyit dan menggunakannya sebagai obat tradisional. Misalnya, untuk mengobati gusi bengkak kita dapat berkumur menggunakan air rebusan kunyit dicampur dengan gambir, untuk mengobati kaki yang luka kita dapat membuat salep dengan bahan dari kunyit yang dicampur dengan asam kawak.

Untuk mengatasi kaki bengkak, kita dapat menggunakan salep kunyit dengan campuran minyak kelapa, ramuan ini juga dapat mengeluarkan cairan penyebab bengkak, khasiat kunyit untuk obat penyakit kulit dan radang hati dapat diperoleh dengan meremas-remas kunyit yang dicampur biji cengkeh dan bunga melati. Jika Anda memiliki keluhan dengan reumatik atau sakit bengkak, Anda dapat membuat obat luar dari akar kunyit yang diremas.

Bagaimana Mendapatkan Manfaat Kunyit

Berikut ini adalah beberapa resep untuk mendapatkan manfaat kunyit sebagai obat alami untuk beberapa penyakit:

  1. Kunyit untuk obat penyakit Tifus. Sediakan 2 rimpang kunyit, 1 lembar daun sambiloto, dan 1 bonggol sere. Cuci seluruh bahan, kemudian tumbuk halus dan dipipis, lalu tambahkan segelas air hangat, lalu saring dan minum airnya.
  2. Kunyit sebagai obat Diabetes mellitus. Siapkan 3 rimpang kunyit dan setengah sendok teh garam. Rebus dengan 1 liter air lalu saring dan minum airnya 2x seminggu.
  3. Kunyit sebagai obat Usus buntu. Siapkan 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, garam, dan gula aren secukupnya. Parut kunyit, beri perasan jeruk nipis, beri sedikit garam dan gula aren secukupnya, seduh dengan 1 gelas air panas, saring lalu minum airnya setiap pagi secara teratur.

Manfaat Kunyit putih

Manfaat Kunyit putih (Curcuma manga) ternyata sangat baik untuk tubuh kita. Kunyit putih memiliki berbagai macam kandungan kimia yang meliputi tianin, amilum, kurkumin, minyak atsiri, gula, saponin, damar, flavonoid, hingga protein toksis yang memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan sel kanker. Dengan berbagai kandungan tersebut, manfaat kunyit putih yang sangat baik tentu tidak kita ragukan lagi.

Ciri-ciri dari tanaman kunyit putih ini adalah memiliki bintik umbi yang seperti umbi jahe dan memiliki warna krem agak kuning muda. Bau kunyit putih dalam keadaan segar hampir mirip seperti mangga kweni.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Retno S. Sudibyo yang pernah dimuat dalam koran Tempo pada bulan Mei 1999, menunjukan bahwa kunyit putih memiliki kandungan protein toksik RIP (ribosome in activiting protein) yang bisa membantu mengaktifkan ribosom untuk mengganggu proses sintesis protein.

Dengan adanya RIP ini, perkembangan sel kanker dapat dihambat, selain itu manfaat kunyit putih juga dapat mencegah kerusakan gen.

Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam kunyit putih terdiri dari curcumol dan curdione. Sehingga manfaat kunyit putih juga bersifat antioksidan yang bisa melawan radikal bebas yang menjadi sebab tumbuhnya sel kanker. Selain itu manfaat kunyit putih ini juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Meskipun manfaat kunyit putih untuk kesehatan sangat baik, tapi bagi Anda Ibu hamil harus berhati-hati jika ingin mengonsumsi kunyit putih ini karena dapat mengakibatkan keguguran.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan

Untuk lebih memperjelas pengertian kita, berikut ini adalah beberapa daftar manfaat kunyit putih untuk kesehatan:

  • Kunyit putih dapat menghambat perkembangan sel kanker.
  • Kunyit putih dapat mempersempit organ kewanitaan.
  • Kunyit putih bisa membantu mengobati rasa gatal pada daerah kewanitaan.
  • Kunyit putih dapat memperkuat syahwat.
  • Kunyit putih bermanfaat sebagai antipiretik (penurun panas).
  • Kunyit putih dapat mengobati sakit sesak napas (asma).
  • Kunyit putih bisa mengobati penyakit radang saluran pernapasan (bronkitis).
  • Kunyit putih bermanfaat sebagai antitoksin (penangkal racun).
  • Kunyit putih bisa membantu mengurangi lemak pada perut.
  • Kunyit putih dapat meningkatkan nafsu makan.
  • Kunyit putih bermanfaat sebagai laksatif (pencahar).
  • Kunyit putih dapat digunakan sebagai antioksidan.
  • Kunyit putih bermanfaat untuk mengobati demam, masuk angina, kembung, dll.

http://turunberatbadan.com/2283/manfaat-kunyit/

2 responses to “Manfaat Kunyit Tak Hanya Sebagai Bumbu Dapur!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s