Mengobati Wasir atau ambien


Deskripsi
Wasir atau ambien terjadi karena kebiasaan mengejan saat buang air besar. Penyebab lain kurang minum, kurang makan makanan berserat, kurang olah raga atau terlalu lama duduk, serta mengangkat beban yang berat. Jika wasir sampai terjadi pendarahan, perlu segera ditangani sebab dapat menyebabkan anemia.

Gejala
Penderita wasir seringkali mengalami sembelit, terdapat bercak darah pada tinja, gatal di sekitar anus.

Pengobatan
Pencegahan sekaligus pengobatan untuk wasir adalah dengan mengubah pola hidup. Yakni membiasakan untuk mengkonsumsi makanan berserat, rajin berolahraga, minum air putih sebanyak mungkin, dan melakukan gerakan lain selain duduk.

Namun jika wasir sudah akut maka perlu dilakukan terapi sesuai anjuran ahli medis. Tujuan utama pengobatan wasir adalah melancarkan sirkulasi darah di daerah anus dan menghilangkan tonjolan, bengkak, dan pendarahan. Jika keadaan wasir mencapai stadium lanjut maka dilakukan operasi.

Mengobati Wasir Kronis

Assalamualaikum

Saya seorang muslimah berusia 27 tahun dan belum menikah.Sejak dua tahun lalu, saya merasakan gejala penyakit wasir. Sampai saat ini saya belum memeriksakannya ke dokter karena rasa malu kalau harus diperiksa di daerah sensitif oleh dokter laki-laki. Sejak menderita wasir saya berusaha untuk makan sayur dan buah-buahan lebih sering, BAB teratur setiap hari dan apabila kambuh minum obat herbal “HEMOROA” yang dibeli di apotik. Bisa dikatakan jarang sekali penyakit ini kambuh.

Namun akhir-akhir ini saya merasa penyakit ini semakin parah dan sangat mengganggu aktifitas saya. Pertanyaan saya,

1. Apakah penyakit ini dapat disembuhkan tanpa operasi?

2. Obat apa yang harus saya minum agar penyakit ini sembuh lebih cepat. Saat ini saya minum HEMOROA 3×2 pil sehari.

Atas jawaban bapak saya ucapkan banyak terima kasih

Wassalam

Nnf
nnf at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam wr. wb.

Saudari Afiah Yth.,

Wasir adalah penyakit yang timbul karena pembuluh-pembuluh darah di daerah anus melebar akibat aliran darah ke jantung terhambat. Pembuluh yang melebar ini kemudian ditutupi oleh selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos, dan lama-kelamaan membengkak dan membentuk tonjolan.

Penyebab wasir yang utama hingga kini belum diketahui secara pasti. Tapi, wasir diakui berkaitan erat dengan sulitnya buang air besar sehingga terpaksa harus mengejan. Selain itu, pekerjaan yang menyita banyak waktu duduk, berdiri lama, mengangkat yang berat-berat.

Beberapa jenis makanan yang merangsang, seperti cabe dan rempah-rempah pun dapat memicu wasir. Karena zat dalam makanan tersebut membuat pembuluh darah gampang melebar. Penyakit diare kronis juga bisa menimbulkan wasir. Saat diare, menyebabkan buang air besar berulang-ulang, sehingga pembuluh darah yang melebar dan tertutup oleh selaput lendir, jaringan ikat atau kulit, terlalui kotoran dan terinfeksi.

Pada dasarnya, wasir mempunyai 2 jenis, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Wasir dalam adalah pembuluh darah ditutupi oleh selaput lendir yang basah di dalam anus. Awalnya wasir dalam tidak terlihat dari luar, tapi kalau sudah membesar bisa menonjol keluar.

Gejala umum wasir dalam adalah keluar darah kalau buang air, karena tonjolan wasir yang menempel di dinding dalam anus tergesek oleh feses yang sulit keluar. Khusus untuk wasir dalam, ada beberapa stadium, yaitu: Stadium 1, ditandai dengan tonjolan masih kecil dan belum keluar. Gejalanya, darah menetes setiap habis buang air besar. Stadium 2, tonjolan sudah keluar tapi belum begitu besar. Gejalanya, setelah buang air besar, tonjolan keluar, tapi akan masuk kembali saat penderita dalam posisi berdiri. Stadium 3, tonjolan sudah lebih besar. Gejalanya, usai buang air tonjolan keluar dan tidak masuk lagi. Jadi harus ditekan dan didorong menggunakan tangan. Sedangkan, stadium 4, tonjolan bisa sebesar bola tenis. Tonjolan tidak bisa didorong masuk, dan harus dioperasi.

Pada wasir luar, kulitlah yang menutupi pembuluh darah. Karena posisinya di luar anus, wasir luar lebih gampang terlihat. Gejala umum wasir luar tentu berbeda dengan wasir dalam. Karena berada di luar dan tidak dilalui kotoran, keluhannya adalah rasa sakit atau nyeri akibat pembuluh darah yang pecah. Setelah pecah, darah tidak keluar tapi mengumpul dan menjadi trombus (bekuan darah). Ada kalanya wasir pecah, tapi tetap menonjol dan menjadi bekuan darah. Kedua jenis wasir itu jika tidak diobati akan berbahaya.

Memang jalan terbaik untuk mengatasi wasir adalah dengan operasi. Namun, tidak semua orang menyukai jalan ini dengan berbagai alasan. Ada yang beralasan karena takut, ada pula yang disebabkan karena faktor ekonomi. Namun, apakah wasir harus selamanya diakhiri dengan jalan operasi? Belum tentu, karena operasi merupakan langkah terakhir. Sedangkan kita masih mempunyai second opinion untuk menghindari operasi dengan jalan menggunakan herba.

Herba untuk wasir adalah Ficus dan Minyak But-But. Berapa lama harus mengonsumsi Ficus guna menyembuhkan wasir tersebut? Jawabnya tergantung kronis tidaknya penyakit wasir yang diderita. Jika penyakitnya masih terbilang stadium satu atau dua, kemungkinan besar, insya Allah, dalam satu bulan akan segera sembuh, dengan catatan mengonsumsi Ficus dengan dosis yang tepat dan terus diolesi Minyak But-But pada tonjolan otot yang keluar. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah menghindari berbagai penyebab wasir seperti makanan yang pedas-pedas. Banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan sangat dianjurkan, begitu pula dengan banyak minum air putih.

Tapi, bila wasirnya sudah kronis, tentu akan memakan waktu lama untuk penyembuhan. Karena dampak dari wasir yang kronis telah banyak merusak sel-sel dalam tubuh, sehingga perlu waktu yang cukup untuk mengembalikannya dalam keadaan semula. Masalah waktu ini pun cukup relatif, jika sipenderita cukup disiplin dalam menjalan pola makan yang sehat dan rajin berolahraga, insya Allah waktu yang lama bisa dipersingkat. Namun, umumnya yang banyak terjadi justru ketika sudah merasa agak sembuhan sedikit, pasien kembali melakukan pola makan dan gaya hidup yang lama, sehingga wasir yang tadinya mulai sembuh, kembali meradang.

http://walausetitik.blogspot.com/2006/07/mengobati-wasir-kronis.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s