Obat untuk menaikkan HB


Tanda2 kekurangan zat besi adalah cepat lelah, kulit tampak pucat (gak harus muka, bisa dilihat di telapak kaki atau dari warna kuku2 dijari2), stamina & prestasi menurun, cepat berasa kedinginan dan restless legs syndrom.

HB rendah belum tentu berarti kekurangan zat besi, bisa jadi kekurangan vit B12 atau folic acid. Infeksi atau radang bisa juga menyebabkan HB turun.

Sama mau bagi pengalaman soal HB rendah. Beberapa bulan lalu saya diresepin Ferrofumaraat 200 mg krn HB saya 6,6 disertai kondisi dimana saya selalu merasa kedinginan (even in the summer) dan telapak kaki saya pucat dan saya sempet pingsan 2 kali selama kehamilan saya ini.

Harusnya sih saya minum itu obat 2 kali sehari, tapi krn obat tsb membuat buang air besar rada mampet (yg biasanya tiap hari, jadi tiap 3 hari sekali), maka dosisnya saya kurangi menjadi 1 kali sehari. Saya kurang tahu apakah di Indonesia namanya sama atau beda, sebab saya di Belanda. Sedikit info mengenai obat ini, seperti obat2an lainnya, kalo disini kita dikasih juga selebaran mengenai informasi singkat bagaimana menggunakan obat ini dan makanan ada yg boleh/tidak boleh dikonsumsi saat menggunakan obat ini.

Tablet zat besi Ferrofumaraat ini sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dgn minum susu/teh atau kopi, atau produk susu mis: keju, yoghurt dan sejenisnya. Karena produk susu & kafein (teh & kopi) dpt mempersulit penyerapan zat besi dlm tubuh. Sebaiknya diminum dgn air putih atau jus buah yg mengandung vitamin C. Obat ini sebaiknya diminum 1/2 jam sebelum makan apapun tapi kalo misalnya org tsb memiliki gangguan lambung, sebaiknya diminum setelah makan saja (paling lambat 1 jam stlh makan)

Zat besi bisa di dpt dari produk hewani maupun tumbuh2an. Tubuh menyerat zat besi hewani lebih baik ketimbang zat besi produk nabati. Namun demikian tentu saja produk zat besi nabati bisa lbh diserap dgn baik bila dibantu vitamin C. Makanya sekarang saya baru ngah kenapa org barat & juga sarapan di hotel2 selalu menyediakan orange jus pagi2, dan lebih jarang kita lihat sarapan yg dibarengin minum susu.

Trus makanan yg mengandung zat besi yg bisa membantu menaikan hb:

–  Roti dari gandum (yg berwarna coklat)
–  Daging sapi & kambing lebih banyak mengandung zat besi ketimbang daging  ayam.
–  Sayuran berdaun warna hijau.
–  Telur, tahu
–  Hati (ini mengandung banyak zat besi & vit.A) tapi kalo lagi hamil jgn sering makan hati krn Vit.A-nya banyak sekali dan menurut sumber2 yg saya baca, kebanyakn Vit. A tidak baik utk janin, tapi kalo Betacaroteen tidak masalah.
Makan buah & sayuran dpt membantu penyerapan zat besi ke dlm tubuh menjadi lebih baik (contoh: orange jus tadi)

Mudah2an cukup membantu…

Semua info yg saya utarakan diatas bukan hasil mengarang tapi ada sumbernya disini :

http://www.voedings centrum.nl/ EtenEnGezondheid /Voedingstoffen/ vitamines+ en+mineralen/ IJzer.htm (dlm bhs Belanda)

Posted by: “Aya” celeste1103@yahoo.com

Khansa Olivia Chione pada 03 Oktober 2011 jam 19:39

2 responses to “Obat untuk menaikkan HB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s